Jokowi-Ahok Lebih Pilih Masuk Pasar dan Kampung

· Ahok, Jokowi, News

JAKARTA – Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta Joko Widodo dan Basuki Tjahya Purnama mengunjungi sejumlah pasar di Jakarta Utara.

Menurut Jokowi, begitu Joko Widodo biasa disapa, pasangan itu sengaja hadir di kampung dan pasar pada kampanye pemilihan umum kepala daerah (pemilu kada) pada Selasa (26/6) untuk melihat realitas lapangan terutama di lapisan masyarakat menengah ke bawah Jakarta.

“Pokoknya kampung ke pasar, pasar ke kampung, bolak balik saja. Memang capek, tapi lihat siapa yang mau turun langsung. Sehingga jarak itu akan hilang dan semua problem yang dihadapi masyarakat bisa didengar,” ujar Jokowi ketika mengunjungi Pasar  Jongkok di kawasan Semper Timur, Jakarta Utara.

Menurutnya, kampanye sebaiknya tidak dilangsungkan di gedung atau di lapangan yang menimbulkan jarak dengan masyarakat. Sedangkan dengan turun langsung ke lapangan, dia mengaku dapat berdialog langsung dengan masyarakat. Di tengah keramaian Pasar Jongkok yang terletak di gang-gang sempit, Jokowi dan Basuki, yang kerap disapa Ahok, bertukar kata dengan para pedagang.

Sebelumnya pasangan cagub cawagub dengan nomor urut tiga itu memulai rangkaian kunjungan pasar hari itu di Pasar Bangau, Kelurahan Marunda, Kecamatan Cilincing. Di sana keduanya memperkenalkan sistem Kartu Jakarta Sehat sebagai akses layanan kesehatan gratis bagi masyarakat.

“Bisa di rumah sakit negeri maupun swasta gratis atau juga bisa dipakai di puskesmas, tidak bayar. Jadi sakit berat sampai sakit ringan dapat ditanggung kartu ini,” terangnya.

Selain kesehatan gratis, Jokowi pun menawarkan layanan pendidikan gratis bagi siswa melalui kartu pintar. Hal tersebut menurutnya bukan janji kampanye belaka melainkan sistem yang sudah dia jalankan sebagai Wali Kota Solo, Jawa Tengah. (Nat/OL-16)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: