Fauzi Cukup Angkat Satu Jari, Jokowi Metal

· Ahok, Jokowi, News
 Jakarta – Pengundian nomor urut calon gubernur (cagub) dan calon wakil gubernur (cawagub) yang akan berlaga di Pilgub DKI 11 Juli mendatang, yang dilakukan KPU Provinsi DKI Jakarta di salah satu hotel di Jakarta Selatan, malam ini disambut seluruh calon dengan suka cita.

Nasib mujur agaknya berpihak pada pasangan Fauzi Bowo-Nachrowi Ramli (Nara). Pasangan yang mengenakan kemeja putih dan peci hitam itu mendapatkan kesempatan pertama untuk mengambil nomor urut. Hasilnya, pasangan ini mendapatkan nomor urut 1 pula.

Sementara Faisal Basri-Biem Benyamin yang mendapatkan kesempatan kedua mengambil undian mendapatkan nomor urut 5. Berikutnya, pasangan Joko Widodo-Basuki Tjahaja Purnama mendapatkan nomor urut 3. Kemudian pasangan Hendardji-Ahmad Riza Patria mendapatkan nomor urut 2. Sedangkan pasangan Hidayat Nur Wahid-Didik J Rachbini mendapatkan nomor urut 4 dan pasangan Alex Noerdin-Nono Sampono, mendapatkan nomor urut 6.

Fauzi Bowo, yang mendapatkan kesempatan pertama dalam pengambilan nomor urut, mengaku sangat senang. Sebab saat mengambil nomor urut, ternyata ia juga mendapatkan nomor urut 1. Ia berharap nomor ini sebagai angka keberuntungan dan kemujuran. Untuk menyosialisasikannya pada warga ibu kota juga dinilainya sangat mudah, karena tinggal menunjukkan satu jari tangan saja.

“Kami sangat bersyukur kepada Allah karena satu tahapan dalam Pilgub yakni pengambilan nomor urut berjalan lancar. Nomor urut satu menurut pandangan kami cukup baik dan dengan nomor ini menjadi lebih mudah. Tentunya nomor satu ini juga memberikan keberkahan tersendiri bagi kami,” kata Fauzi Bowo, Sabtu (12/5) malam.

Lain halnya pasangan Joko Widodo (Jokowi)-Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Menurutnya, berapapun nomor yang didapat, semuanya baik. Sebab itu juga adalah pemberian Tuhan yang patut disyukuri. Yang terpenting, katanya, adalah strategi kampanye demi pemenangan dirinya. “Nomor berapa saja baik, itu pemberian Tuhan. Kalau nomor 3, ini sesuai dengan karakter saya, metal atau menang total,” ujar Jokowi sambil menunjukkan tiga jari lambang metal.

Sedangkan, Alex Noerdin mengatakan, walau mendapatkan nomor urut 6 namun baginya itu sangat bagus. Sebab, dua kali pengambilan nomor, selalu mendapatkan angka 6.

“Saya tetap optimis akan menang. Nomor urut tak perlu dipersoalkan. Bagi kami nomor ini sangat bagus, karena dua kali mengambil, mendapatkan nomor enam. Soal peluang, kami tetap yakin dan cara sosialisasi pada masyarakat cukup mudah, acungkan jari jempol dan lingkari dengan jari lima,” katanya.

Ketua Pokja Pencalonan KPU Provinsi DKI Jakarta, Jamaluddin F Hasyim mengatakan, agar benar-benar transparan proses pengundian nomor dilakukan dua kali. Pengambilan pertama untuk urutan pengambilan nomor undian. Sedangkan pengambilan kedua untuk pengambilan nomor urut pasangan calon saat Pilgub DKI nanti.

“Nomor urut ini bersifat final dan mengikat sehingga tidak bisa diubah begitu saja, kecuali ada kejadian luar biasa,” tegasnya.

Ketua KPU Provinsi DKI Jakarta, Dahliah Umar menjelaskan, selain bisa digunakan bagi masing-masing pasangan calon untuk menyosialisasikan dan mengampanyekan pada masyarakat, nomor urut ini juga sebagai petunjuk dalam surat suara yang akan dicetak dan dicoblos saat pemungutan suara nanti.

“Proses tahapan pemungutan nomor urut ini sangat transparan. Sehingga para pasangan calon harus menerimanya,” jelasnya.

Pantauan beritajakarta.com, selama proses pengambilan nomor urut, suasana di lokasi terlihat sangat gaduh. Walau pihak panitia telah berulangkali meminta massa tertib, namun massa tim sukses masing-masing pasangan calon terus meneriakkan yel-yel.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: