Ahok: Saya paham Jakarta

· Ahok, Jokowi, News
Bakal calon Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)

Jakarta – Mantan Bupati Belitung Timur ini menyatakan bahwa pengetahuannya terhadap Jakarta sebenarnya lebih banyak dari apa yang diperkirakan orang, pasalnya dia lebih banyak tinggal di Jakarta selama menuntut ilmu disekolah, terlebih lagi dia pernah menjadi pembantu Gubernur Sutiyoso dalam suatu masa.

“Jadi saya tahu DKI Jakarta dari A sampai Z”, tuturnya. Tambahanya lagi dia tahu persis, apa yang dibutuhkan Jakarta dari pembenahan kemacetan lalu lintas, masalah banjir, sampai usaha jaminan kesehatan serta pemukiman layak untuk penduduknya.

Ahok menyatakan ada banyak kesamaan cara berpikirnya dengan Jokowi (cagub DKI), dia yakin bisa bersinergi dalam kerja sama dengan Walikota Solo itu. Disisi lain Ahok yang di kunjungi oleh Indonesia Media dikediamannya, mengerti apa yang dikhawatirkan oleh konstituennya, “Saya tahu banyak kawan-kawan yang mempertanyakan saya sebagai kutu loncat, terlebih partai yang mengusung saya. “Saya tidak perduli itu, karena pada hakekatnya saya bukanlah seorang politikus, tapi saya hanya mau lihat Indonesia jadi negara yang bagus dan bersih. Banyak yang saya bisa lakukan dengan Bang Jokowi untuk DKI. Untuk itu saya mengusulkan transparansi sampai lembar ke -3 (anggaran yang dikeluarkan secara rinci sampai kepada biaya bubuk kopi, dan gula yang dikonsumsi gubernuran), dan ini saya mau buka semuanya di website, termasuk ponsel pribadi kami, jadi khalayak bisa tahu”, cetusnya.

Menurutnya transparansi ini penting, karena akan membuat orang takut korupsi. Karena DKI Jakarta adalah ibu kota, maka ini akan menjadi cermin bagi semua pemerintah daerah lainnya untuk mengikis habis korupsi, dan pada gilirannya dana anggaran betul-betul bisa dimaksimalkan untuk pembangunan dan layanan masyarakat.

Mengenai dugaan anggota DPR yang plesiran keluar negeri, menurut Ahok tidak semua anggota DPR kemaruk plesiran pakai duit rakyat, dia mengatakan yang penting proporsional, kalau dalam trip keluar negeri itu cenderung untuk tamasya dan belanja seharusnya pakai duit sendiri, “Jangan ngabisin duit rakyat dong !” kata pria jangkung yang juga bernama Basuki Purnama itu.

“Orang-orang boleh saja bilang ini itu menyangsikan kesanggupan kami menghandle DKI, itu boleh-boleh saja, tapi apakah mereka juga melihat track record kami selama mengelola Kota Solo dan Belitung Timur ? Tanyakan itu kepada masyarakat kami disana. Pokoknya saya percaya rakyat DKI akan memilih yang terbaik pada 11 July , 2012 nanti”, kata mantan cagub Babel yang pernah dicurangi  itu.

Ketika ditanya, apakah dia tidak takut akan keselamatan jiwanya atas omongannya yang begitu keras ? Dia hanya menjawab bahwa kalau dia takut, dari awal dia tidak berani terjun kepemerintahan. “Mungkin saja ada pengusaha yang gusar melihat saya, karena rencana saya yang akan menyumbat peluang bisnis kotornya, tapi saya percaya rakyat juga sudah pandai berpikir, dan rakyat sudah capek. Bukan hanya rakyat yang mendukung saya, tanyakan saja kepada Dubes anda , Dino Patti Djalal , dia juga salah satu pendukung saya”, pungkasnya.

Sumber: Indonesiamedia.com

Leave a Reply

