Pemilih Sementara Pilkada DKI Jakarta 7.044.991 Orang

· Ahok, Jokowi, News
Authors

Jakartabaru – KPU DKI Jakarta telah selesai merekapitulasi jumlah calon pemilih sementara Pemilu Kada DKI Jakarta 2012. Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pemilu Kada DKI mencapai 7.044.991 orang.

“Kami sudah merekapitulasi, angka DPS adalah 7.044.991 orang,” ujar Ketua KPU DKI Jakarta Dahliah Umar kepada detikcom, Minggu (15/4/2012).

Dahliah mengungkapkan 7.044.991 calon pemilih sementara itu tersebar di 15.072 TPS. Satu TPS untuk kuota maksimal 500 calon pemilih.

Dia mengajak masyarakat untuk memastikan namanya terdaftar dalam DPS. DPS sudah dapat dilihat melalui kantor-kantor Kelurahan dan pos-pos Rukun Warga (RW) sejak 13 April hingga 2 Mei 2012. Jika kantor kelurahan atau pos RW tertentu belum menempelkan DPS, Dahliah mengatakan agar segera melaporkan ke KPU Kotamadya.

“Iya, laporkan ke KPU Kota. Karena KPU DKI Jakarta telah memerintahkan TPS untuk menempelkan DPS di RW-RW mereka. Sedangkan di kelurahan, saya yakin seharusnya sudah menempelkan DPS tersebut,” cetusnya.

Batas akhir rekapitulasi Daftar Pemilih Sementara (DPS), kata dia, sebenarnya berakhir pada Jumat 13 April kemarin, kemudian diumumkan di kantor kelurahan dan pos-pos RW setempat. Namun temuan di lapangan, kata Dahliah, banyak PPS yang belum selesai melakukan rekapitulasi DPS. Hal itu terkait kendala teknis pencetakan DPS.

“Karena satu kelurahan itu rata-rata di atas 50 TPS (Tempat Pemungutan Suara). Sedangkan DPS yang telah diprint-out, tidak boleh langsung ditempel, tapi harus dicek kembali lembar per lembar. Kami memberi batas paling lambat untuk segera ditempel 17 April. Kalau masih belum ditempel, laporkan,” jelasnya.

Selama pengumuman DPS tersebut, lanjut Dahlia, pemutakhiran data pemilih terus dilakukan hingga penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT). Jika ada warga yang tidak menemukan namanya dalam DPS yang ditempel di Kantor Kelurahan atau pos RW, warga tersebut cukup membawa KTP ataupun Kartu Keluarga (KK) ke petugas PPS setempat untuk mengisi formulir tambahan sehingga namanya dapat dimasukkan ke dalam DPT. Penetapan DPT dijadwalkan pada 22 Mei 2012 mendatang.

Pilkada DKI Jakarta akan digelar pada 11 Juli mendatang. Sejumlah pasangan bakal calon sudah mendaftarkan diri ke KPU DKI, baik lewat partai politik maupun lewat jalur perseorangan. Mereka adalah pasangan Alex Noerdin-Nono Sampono (Partai Golkar, PPP, dan PDS), Fauzi Bowo-Nachrowi Ramli (Partai Demokrat, PAN, PKB, PBB), Hidayat Nur Wahid-Didik J Rachbini (PKS), dan Joko Widodo-Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok (PDIP dan Gerindra).

Sementara dua pasangan dari jalur perseorangan yaitu Faisal Basri-Biem Benyamin dan Hendardji Supandji-A Riza Patria.

KPU DKI Jakarta baru akan mengumumkan pasangan calon independen dan partai politik atau gabungan partai politik yang memenuhi persyaratan pada tanggal 10-11 Mei. Masa kampanye masing-masing calon secara resmi akan dilaksanakan pada 24 Juni-7 Juli 2012 mendatang.

Sumber: Detik.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: