Ridwan Saidi: LKB Tak Perlu Nyuruh Jokowi Minta Maaf

· Ahok, Jokowi, News
Authors
Budayawan Ridwan Saidi

Terkait keinginan Lembaga Kebudayaan Betawi (LKB) agar Joko Widodo meminta maaf atas ungkapannya tentang penggunaan baju koko dengan kopiah oleh calon lain hanya untuk mencari simpati publik dan terkesan religius, Budayawan Betawi Ridwan Saidi menyatakan hal itu bukan hak dari LKB.

“Nggak perlu LKB nyuruh minta maaf. Masalah baju koko ini tidak ada kaitan dengan Betawi dan agama,” kata Ridwan, ketika dihubungi Kompas.com, Jumat (20/4/2012).

Ia menuturkan bahwa dalam istilah fashion baju koko ini dikenal dengan sebutan gunting cina. Bahkan keberadaan model baju ini sudah ada sebelum Islam mulai menyebar.

“Kalau kita lihat potret orang Cina jaman dulu sudah ada baju model seperti itu. Orang melayu juga pakai model baju seperti ini,” ujar Ridwan.

“Mau orang Islam atau bukan. Betawi atau bukan juga pakai baju model ini. Di Minahasa juga ada pakaian khas dengan baju model ini dengan ragam yang lain,” imbuhnya.

Kendati demikian, ia mengatakan bahwa yang terlontar dari Joko Widodo tersebut memang terlampau berani dan tanpa melihat dari sisi sejarah dan budaya. Namun ia mengakui apa yang terucap dari Jokowi tersebut tidak lepas dari sifat kesederhanaannya.

“Terlalu berani memang. Harusnya berbicara seperti ini dengan melihat konteks sejarah dan budaya. Bisa nanya dulu ke orang yang ahli seperti budayawan,” tuturnya.

“LKB tadi juga harus belajar sejarah. Jangan asal nyuruh orang minta maaf saja,” tandasnya.

Sumber: Kompas.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: